Skip to main content

Biografi singkat para tokoh salaf


Biografi singkat para tokoh salaf

ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ

Nama aslinya adalah Abdullah bin Usman. Ayahnya bernama Abu Quhafah, sedangkan ibu-nya nama Salma binti dikenal dengan gelar Ummu Khair. Abdullah bin Usman ternyata lebih dikenal dengan nama panggilanya: Abu Bakar ash-Shiddiq. Nama penggilan ini diberi oleh malaikat Jibril, karena dialah yang pertama kali membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. Disaat itu kebanyakan orang mendustakanya.
Peristiwanya, ketika pada subuh Isra’ di Dzi Tuwa, di pinggir kota Makkah,Muhammad saw akan berpisah dengan Jibril, beliau bersabda, “ ya Jibril, kaumku akan mendustakanku”. Jibril pun langsung menjawab,”Abu Bakar yang mendustakanku.”
Abu Bakar lahir dua setengah tahun sesudah tahun gajah. Jadi, beliau lebih muda dua setengah tahun dari Nabi Muhammad saw. Yang lahir persis pada tahun gajah-ketika terjadi pemberontakan  dari negeri yaman yang diketuai oleh raha Abrahah untuk menghancurkan ka’bah. Pesukan abrahah ini semuanya mengendarai gajah. Tapi, usaha Abrahah tak berhasil. Melalui burung ababil, para tentara dan gajah-gajah tersebut dihancurkan oleh allah swt.
Menjadi khalifah 1
Setelah rosulullah saw. Wafat, para sahabat bimbang, siapa diantara mereka yang patut menggantikanya setelah beliau meninggal ? hal ini wajar, sebab, rosulullah saw. Sendiri tidak pernah menunjuk seseorang yang harus menggantikanya. Akhirnya dengan suara bulat dipilihlah Abu Bakar sebagai khalifah yang pertama.
Butur-butir mutiara hikmah Abu Bakar ash-Shiddiq:
·         Aku adalah manusia biasa, aku bukanlah manusia terbaik diantara kamu. Apabila kalian lihat perbuatanku salah, maka betulkanlah ( diucapkan sewaktu diangkat menjadi khalifah).
·         Semenjak aku masuk islam, belum pernah ku kenyangkan perutku. Hal itu kulakukan agar dapat merasakan segarnya beribadah. Beum pernah aku puas minum karena sangat rindunya pada ilahi.
·         Orang yang cerdas adalah mereka yang bertakwa. Orang yang dungu adalah orang yang durhaka. Orang yang dusta ialah orang yang khianat. Orang yang benar ialah orang dapat dipercaya.
·         Manusia yang paling celaka ialah raja-raja, kebanyakan mereka ketika berkuasa bersikap zuhud terhadap harta sendiri, tapi tamak kepada harta orang lain.
Di usianya yang ke-63 tahun, pada tahun 13 H, Abu Bakar ash-Siddiq meninggal dunia. Beliau dimakamkan disisi makam Rosulullah saw.

UMAR BIN KHATTHAB

Ia lahir pada 13 tahun setelah peristiwa pasukan gajahnya abrahah menyerbu ka’bah yang gagal itu. Umar bin Khtthab adalah nama aslinya. Gelar yang pernah disandangnya adalah al-faruq (yang bias membedakan antara yang haq dan yang batil ) dan Amirul Mu’minin (raja orang-orang mukmin).meskipun demikian, ia lebih popular sebagai Umar bin Khatthab, nama aslinya itu.
Karena do’anya Rosulullah saw, dan allah berkenan atas do’a tersebut, Umar masuk islam. Umar adalah satu dari dua orang-satunya adalah Abu Jahsin bin Hisyam (Abu Jahal) yang di do’akan oleh rosulullah saw. Agar salah satu dari mereka masuk islam. Do’a Rosul dikabulkan, Umar masuk islam pada tahun ke-6 hijriah, pada usia 33 tahun.
Masuknya Umar kedalam islam, membuat dakwah islam semakin gairah. Tak lagi secara sembunyi-sembunyi, tapi sudah secara terbuka. Islam akhirnya lebih kuat dalam melawan kezaliman, peganiayaan dan kesesatan guna menuju Nur Ilahi.
Pemikiran-pemikiran Umar banyak bersesuaian dengan turunya alquran.misalnya, Umar pernah menganjurkan agar istri-istri Rosul memakai hijab bila bertemu dengan orang-orang asing (yang bukan muhrim). Tak lama kemudian, turunlah ayat hijab surat an-Nur ayat 30-31 dan surat al-Ahzab ayat 59.
Umar juga pernah mengusulkan hendaknya makam Ibrahim dijadikan pusat kiblat umat islam seluruh dunia. Tak lama kemudian, turunlah ayat alquran surat al-baqarah ayat 125.
Umar menjadi khalifah
Sebelum Abu Bakar (khalifah 1) meninggal disaat sakit keras, Umar sudah mengumpulkan para sahabat untuk diajak memikirkan bagaimana dan siapa yang layak untuk menggantikanya, bila Abu Bakar telah tiada. Dengan kesepakatan bulat, Umarlah yang ditunjuk menggantikanya sekaligus sebagai khalifah yang ke-2
Setelah Umar diangkat menjadi khalifah yang ke-2 ia berpidato dihadapan orang banyak dengan ucapanya,” aku akan membawa saudara-saudara sekalian ke jalan yang benar, jika kalian dapati aku bersalah hendaklah kalian luruskan,” berdiri salah seorang lelaki berkata dengan menhunus pedangnya sambil berkata, “ bila enkau bersalah, akan kuluruskan dengan pedang ini.” “aku berterima kasih kepadamu, karena engkau mau melluruskan kesalahanku,” jawab Umar.
Nasehat-nasehat Umar bin khatthab
·         Pelajarilah ilmu, pelajarilah ilmu untuk ketentraman, ketetapan hati dan kelembutan jiwa, tunduk dan rendahkanlah dirimu kepada orang yang kamu belajar padanya. Begitu pula hendaklah tunduk kepadamu, orang yang belajar padamu. Janganlah kiranya kamu mengajari ulama atau pemimpin yang bertabia kasar, agar ilmu itu tidak tegak karena kejahilanmu.
·         Jangan hanya memandang shalat dan puasa seseorang, melainkan pandanglah apakah kalau berbicara dia benar, kalau dia diserahi amanah dilaksanakanya, kalau terlintas didalam pikiranya niat hendak berbuat maksiat ditahan dan dikekang nafsunya.
·         Jangan kagum mendengarkan suara seseorang, tapi kagumilah orang yang diberi amanah dan dilaksanakan, yang tidak pernah mengganggu orang dengan mulut ataupun tanganya.
·         Bila engkau melihat seseorang yang berilmu mencintai dunia, mencurigailah dia entang agamanya. Sebab, bila seseorang mencintai sesuatu, maka ia akan menyibukan diri dengan apa yang dicintainya itu.
Umar Sahid
Suatu subuh, di tahun ke-24 H. ketika Umar sedang mengimami shalat subuh, tiba-tiba Abu Lu’luah menyerang Umar dengan pisau bermata dua yang beracun. Umar pun sahid dalam usia 63 tahun, dan memangku jabatan sebagai khalifah selama 10 tahun 6 bulan.

USMAN BIN AFFAN

Nama lengkapnya adalah Usman bin Affan al Amawy al-Quraisy. Ibunya bernama Arwa binti Kuriz bin Rabiah. Usman juga dikenal dengan sebutan Abu Abdillah atau Abu Amar. Lahir pada tahun ke -6 tahun gajah.
Dalam jajaran sahabat Nabi, Usman termasuk as-Sabiqun al-Awwalun, yakni orang-orang yang pertama masuk islam. Usman masuk islam setelah Ali bin Abi thalib dan Zaid bin Haritsah, atas ajakan Abu Bakar. Ia adalah pedangang yang kaya raya. Tapi, kekayaanya digunakan sepenuhnya untuk pembangunan umat dan ketinggian agama islam guna menuju ridha Allah swt. Usman juga diberi gelar Dzun Nuraini, artinya yang mempunyai dua cahaya. Sebab, ia pernah menikahi dua putri Rosul yang bernama Ruqayyah dan Ummi Kalsum.
Usman bin Affan termasuk Khulafaur Rasyidin ke-3 yang dipilih oleh team formatur. Ia terpilih sebagai khalifah setelah wafatnya Umar bin Khatthab. Hasil karya Usman bin Affan yang tersohor dan terbesar hingga kini adalah menyatukan pembukuan Alquran. sebelumya, Alquran tercecer, dan terjadi percekcokan yang berkepanjangan tentang perbedaan bacaan. Atas prakarsa Usman bin Affan, dibukukanlah Alquran untuk menjadi satu kesatuan, baik bacaan maupun mushaf, dan dikenallah Mushaf Usmany.
Pada bulah haji tahun 35 H, kaum pemberontak yang dikepalai oleh Muhammad bin Abu Bakar, berhasil membunuh Usman bin Affan. Dan ia pun syahid karenanya.

ALI KARAM ALLAHU WAJHAH

Nama lengkapnya adalah Ali bin Abi Thalib. Lahir di makkah, 32 tahun setelah lahirnya Nabi Muhammah saw. Adalah Ali sebagai pemuda yang pertama kali beriman (masuk islam) kepada Rosulullah saw. Ali banyak menimba ilmu dari Rosulullah saw, dan karenanya, patut pulalah ia di juluki sebagai Babul ‘Ilmi (gudangnya ilmu). Dalam diri Ali tercermin wajah seorang lelaki cerdas, idealis, dan sufi.
Berikut ini kata-kata mutiara dari Ali ra. :
·         Ilmu lebih baik dari pada harta, ilmu dapat menjagamu, dan engkau pulalah yang menjaga harta.
·         Tiadalah kebanggaan selain bagi ahli ilmu mereka member petunjuk kepada oranng yang meminta petunjuk, nilai manusia tergantung pada kebaikan yang dikerjakanya.
·         Sesungguhnya dunia ini bagaikan ular yang licin peganganya, namun biasanya mematikan. Karena itu, berpalinglah darinya, dan dari apa yang mengagumkan engkau. Karena sedikitnya yang dapat engkau bawa sebagai bekal, dan jangan risaukan dia karena engkau yakin akan berpisah padanya. Letakan kesenanganmu dalam kewaspadaan terhadap apa-apa yang didalamnya. Bukankah para penghuni dunia begitu mulai merasa senang, langsung akan terjerumus ke jurang kebinasaan ?
Ali ra. Berwasiat kepada dua putranya al-Hasan dan al-Husein, “anakku… camkanlah baik-baik empat perkara yang hendak ku katakana ini, selama engkau berpegang teguh padanya, apapun yang kau lakukan tidak akan mendatangkan mudarat kepadamu, yakni, sesungguhnya, kekayaan yang paling tinggi nilainya ialah akal pikiran; kemiskinan yang paling parah ialah kebodohan; kesepian yang menakutkan ialah bangga pada diri sendiri; dan kekaguman yang paling mulia ialah budi pekerti luhur.”
Dalam hidupnya, Ali ra punya jabatan formal sebagai Khulafaur Rasyidin yang ke-4. Pada tanggal 17 ramadhan 40 H Ali syahid ditangan tokoh Khawarij (sebuah gerakan yang memberontak pada kepemimpinan Ali), Abdul Rahman Ibnu Muljam.

UMAR BIN ABDUL AZIZ

Nama lengkapnya adalah Umar bin Abdul Aziz bin Marwan ibnul Hakam ibnu Abi al-As ibnu Amawiyah ibnu Abd Syams al Qarsy al-Amawy Abi Hafsh- Amirul mukminin. Ia lahir pada tahun 62 H dan meninggal pada tahun 101 H.
Meskipun Umar bin Abdul Aziz hidup tidak dimasa wahyu diturunkan, namun beliau secara konsekuen menerapkan masa-masa awal kelahiran islam, dimana Rosulullah saw, masih hidup, pada masa ia hidup. Ketika ia menjadi khalifah,masa itu adalah masa yang penuh kegelapan, fanatisme sempit, dan kebrutalan terjadi dimana-nama. Tradisi daulat Bani Umaiyah yang rendah, yang telah terjadi selama 60 tahun-satu generasi, mampu ia rubah dengan lehidupan laiknya di jaman Rosulullah saw. Damai, penuh santun, menyejukan setiap insane yang hidup di wilayah kekhalifanya. Ia merubahnya hanya dalam tempo 2 tahun lima bulan. Sebuah prestasi yang fantastis !
Umar bin Abdul Aziz, disamping sebagai khalifah yang adil, ia juga sebagai ahli fikih, ahli hadis, dan wara’. Umar bin Abdul Aziz pernah bertutur:
“hai manusia ! kamu tidak diciptakan secara main-main dan kamu tidak dibiarkan begitu saja, bagimu ada tempat untuk menyelesaikan perkara yang menyangkut diantara kamu. Rugi dan celakalah hamba yang dikeluarkan oleh allah dari rahmat-Nya, yang meiliputi segala sesuatu, dan surganya seluas langit dan bumi. Sesungguhnya, amanlah orang takut dan taqwa, yang menjual sedikit untuk banyak, yang lenyap (fana) untuk yang kekal dan yang celaka untuk yang bahagaia. Apakah kamu tak tahu bahwa kamu hanya menggantikan orang-orang yang hidup setelahmu ? apakah tak kau lihat bahwa setiap hari kamu berkunjung  kepada orang yang pagi-pagi dan petang kepada Allah Azza wajalla yang telah sampai ajalnya, dan terputus angan-angannya, jelas terputus cita-citanya, berpisah dengan kekasih-kekasihnya dan akan menghadapi perhitungan amal ( al Hisab). Aku bersumpah atas nama Allah, bahwa tak kulihat lebih banyak dosa pada seseorang diantara kamu dari pada yang aku ketahui pada diriku sendiri, akan tetapi, rasa dosa itu adalah bagian dari sunnah Allah yang adil. Aku menyuruh kalian, termasuk saya, agar mentaati-Nya, dan aku melarang berbuat maksiat kepada-Nya serta aku minta ampun kepada Allah”. ( ini diucapkan oleh Umar bin Abdul Aziz dengan air mata bercucuran membasahi janggutnya).

IMAM MALIK BIN ANAS

Imam Malik bin Anas lahir pada tahun 93 H/ 712 M di desa Ashbah masuk wilayah madinah, arab Saudi. Nama lengkap Imam Malik adalah Malik bin Anas bin Abi Amir al-Ashaby. Abu Amir adalah kakek Imam Malik yang juga sahabat kental Rosulullah saw. Kemana Rosulullah saw pergi, Abu Amir selalu mengikutinya, dan ia tak pernah berhenti untuk berjuang dengannya.
Sejak usia 10 tahun , Imam Malik sudah Hafiz Quran, ia juga ahli hadist, bahkan takkurang dari 100.000 hadist dihafalnya. Oleh sebab itu, Imam Syafi’I pernah memberikan nasehat pada para muridnya, “ bila Imam Malik memberikan hadist pegang teguhlah.”
Karya Imam Malik yang kesohor sampai saat ini dan waktu-waktu mendatang adalah kitab al-Muwatha’ yang berisi ribuan hadist. Kitab ini telah dijadikan rujukan oleh ulama-ulama besar dunia.
Pada bulan rabiul awal tahun 179 H/ 798 M di baqi’ madinah, Imam Malik meninggalkan dunia yang fana ini.

THAHIR IBNUL HUSAIN

Lahir pada tahun 159 H/ 776 M di khurasan. Thahir ibnul Husain termasuk pendiri dinasti ath-Thahiriyah. Sewaktu pemerintahan al-Makmun ia pernah diangkat sebagai penglima besar. Dalam melakukan peperangan untuk melawan musuh Thahir ibnul Husain selalu mengangkat senjata diatas kedua tanganya, sehingga ia dijuluki oleh khalifah al-Makmun sebagai Dzulyaminaini (yang mempunyai dua tangan).
Setelah itu diangkat sebagai gubernur di al-jazira yang wilayahnya meliputi Siria dan wilayah barat. Jabatan terakhirnya adalah sebagai gubernur di bagdad timur. Ia meniggal ketika masih menjabat sebagai gubenur bagdad timur, pada tahun 217 H/ 822 M.

ABU YUSUF

Abu Yusuf punya nama asli Ya’qub ibnu Sufyan Ibnul Jaman al-Farisy. Abu Yusuf adalah seorang yang wira’I (menjauhkan diri dari dosa, maksiat dan perkara syubhat) ahli ibadah. Disamping sangat khusuk melaksanakan amalan wajib, ia juga sangat banyak melakukan amalan-amalan sunnah. Abu Yusuf dikenal sebagai ahli hadist.
Seorang ulama dijamanya, Abu Hakim, pernah memberikan penilaian.” Abu Yusuf adalah tokohnya guru (maha guru), maka jadikanlah dia diantara kalian sebagai rujukan (tempat bertanya), karena kalian tak akan menemukan orang yang seperti dia.” Pada tahun 227 H Abu Yusuf meninggal dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Solusi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali

Solusi mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali Kali ini kita akan mengatasi smartphone xiaomi redmi note 3 yang bermasalah dibagian audio, gejalanya tidak ada suara sama sekali baik untuk musikan, call, putar dan rekam video, pengaturan nada, notifikasi, dan lain-lain pokoknya suara tut tut pun tidak ada. setelah cari tahu kemana-mana ternyata kerusakanya dibagian IC AUDIO. untuk redmi note 3 bentuk dan kode pada IC AUDIO yaitu WCD9326 seperti gambar dibawah.  IC AUDIO REDMI NOTE 3 Tahapan Servis / memperbaiki redmi note 3 yang tidak ada suara sama sekali  Pertama, adalah bongkar kasing xiaomi redmi note 3  IC AUDIO Redmi note 3 ada dibalik cangkang seperti gambar diatas, untuk membuka cangkang tersebut harus dengan alat blower. Setelah cangkangnya dibuka, maka akan kelihatan IC nya Kedua, setelah kasingnya dibongkar dan tahu seperti apa bentuk IC nya, langkah selanjutnya adalah beli IC yang sesuai k

Download Ebook Gratis

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada anda yang sudah meluangkan waktunya sebagai pengunjung blog ini. Anda sangat beruntung hari ini, karena selain membaca postingan ini anda juga akan memperoleh ebook secara gratis. selain dalam bentuk ebook juga anda bisa mendapatkan dalam bentuk video dan audio yang akan merubah hidup anda. untuk mendapatkan produk gratis di bawah ini silahkan anda bila langsung download disini. Produk gratis dibawah ini: Belief Power: Langkah Awal Menuju Sukses ( terbaru ) Attention Power: Hal Kecil yang Mengubah Hidup Anda ( terbaru ) Ilusi Zona Nyaman Menuju Zona Sukses Merenungi Ayat-ayat Inspirator Presentasi Gratis: Berpikir dan Menjadi Kaya eBook Gratis: Goal Setting Guide eBook Gratis: Change Your Mind (Bhs Indonesia) eBook Gratis: Motivasi Diri (review) eBook Gratis: Positive Thingking Book Presentasi Gratis: Saya Terlahir Kaya eBook Gratis: Secrets of the Richest People eBook Gratis: Berbahagialah Modul 1 Revolusi Waktu Time

PENGERTIAN DAN DASAR LOGIKA FUZZY

PENGERTIAN LOGIKA FUZZY Fuzzy mungkin merupakan suatu kata yang agak asing bagi kita. Dalam terjemahan menurut kosa katanya fuzzy berari kabur. Logika berarti penalaran. Jika digabungkan menjadi satu kalimat berarti Penalaran Yang Kabur. Benarkah demikian? Mengapa penalaran yang kabur justru perlu untuk dipelajari? Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Skema logika fuzzy adalah sebagai berikut: Pada gambar dapat diketahui bahwa antara input dan output terdapat sebuah kotak hitam yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa contoh konsep logika fuzzy yang dapat diterapkan dalam berbagai kasus: Manajer pergudangan mengatakan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir minggu ini, kemudian manajer produksi akan menetapkan jumlah barang yang harus diproduksi esok hari Pelayan restoran memberikan pelayanan terhadap tamu, kemudian tamu akan memberikan tip yang sesuai atas baik tidaknya pe