Skip to main content

Jenis-Jenis File Audio

Secara umum, ada 3 kelompok utama format file audio, yaitu : Format file audio tanpa kompresi, seperti file WAV, AIFF, AU dan raw header-less PCM. Format file audio dengan kompresi lossy, seperti MP3, Vorbis, Mousepack, AAC, TRIAC, dan lossy Windows Media Audio (WMA) Format audio dengan kompresi lossless, seperti FLAC, Monkey’s Audio (filename extension APE), WavPack (filename extension WV), Shorten, Tom’s lossless audio compressor (TAK), TTA, ATRAC Advanced Lossless, Apple Lossless, MPEG-4 SLS, MPEG-4 ALS, MPEG-4 DST, Windows Media Audio Lossless (WMA Lossless).

Dari format-format tersebut, terbagi menjadi 3 bagian, yaitu
1. format yang open (seperti wav, ogg, mpc, flac, aiff, raw, au, dan midi),
2.free (gsm, dct, vox, aac, mp4, dan mmf), serta
3.propeietary (mp3, wma, atrac, ra, ram, dss, msv, dvf, m4p, 3gp, amr, dan awb).

Berikut akan dibahas satu persatu mengenai format file audio yang free dan open
1. Wav
Wav merupakan standar format container file yang digunakan oleh windows. Waav umumnya digunakan untuk menyimpan audio tak termampatkan, file suara berkualitas CD, yang berukuran besar (sekitar 10 MB per menit), file wav juga dapat berisi data terkodekan dengan beraneka ragam codec untuk mengurangi ukuran file. WAV merupakan format file audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM sebagai standar untuk menyimpan file audio pada PC, dengan menggunakan coding PCM (Pulse Code Modulation). Tidak seperti AAV, file WAV adalah file audio yang tidak terkompres sehingga seluruh sampel audio disimpan semuanya di media penyimpanan dalam bentuk digital. Karena ukurannya yang besar, file WAV jarang digunakan sebagai file audio di Internet.
2. Ogg
Ogg adalah format container yang bebas dan open source yang mendukung beraneka ragam codec, namun yang sering digunakan adalah codec Vorbis. Vorbis merupakan pemampatan yang mirip dengan MP3, tetapi kurang populer. Ogg Vorbis. Merupakan codec (Compressor-Decompressor) favorit alternatif yang banyak peminatnya. Ogg Vorbis yang memiliki ekstensi file *.ogg, dapat didukung dan dapat dimainkan oleh berbagai software audio diberbagai sistem operasi. Kini banyak gadget dan ponsel mendukung format Ogg sebagai alternatif dari format mp3. Dapat terdengar dengan bagus, baik dalam bit rate rendah maupun tinggi. Karena kehandalannya dalam menangani file audio serta lisensinya yang free dan open source maka Ogg Vorbis dipercaya untuk mendukung sektor komersial seperti dalam pengembangan video game Unreal Tournament, Grand Theft Auto: San Andreas, serta berbagai game populer lainnya.
3. Mpc
Musepack atau mpc (dikenal juga sebagai MPEGplus, MPEG+, atau MP+) merupakan codec audio yang open source dann lossy. Mpc digunakan terutama untuk optimalisasi pemampatan transparan audio stereo pada birate 160-180 kbit/detik. Musepack dan ogg vorbis merupakan codec terbaik untuk pemampatan berkualitas tinggi untuk audio yang lossy. Meskipun demikian, musepack kalah populer dari ogg vorbis.
4. Flac
Format flac merupakan pemampatan yang lossless seperti, zip. Tetapi digunakan untuk audio. Jika kita memampatkan file audio PCM ke.flac dan kemudian membukanya kembali, audio tersebut merupakan salinan asli. Oleh karena itu, rasio pemampatanya tidak bagus. File.flac direkomendasikan untuk pengarsipan file PCM yang kualitasnya sangat dipentingkan.
PCM ( pulse-code modulation) merupakan representasi digital dari suatu sinyal analog. Sinyal tersebut dibuat menjadi sampel secara teratur dengan interval yang sama, dan kemudian dikuantisasi menjadi urutan simbol dalam kode angka (biasanya biner).
5. Aiff
Format aiff merupakan standar format file audio yang digunakan oleh Apple, aiff bisa dikatakan seperti .wav untuk Mac. File AIFF merupakan format file audio standar yang digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya, yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1988. Standar dari file AIFF adalah uncomressed code pulse-modulation (PCM), namun juga ada varian terkompresi yang dikenal sebagai AIFF AIFF-C atau aifc, dengan berbagai kompresi codec.
6. Raw
File. Raw dapat berisi audio dalam sembarang codec, tetapi biasanya digunakan dengan data audio PCM. Raw jarang digunakan kecuali untuk pengujian secara teknis.
7. Au
Format au merupakan format file audio standar yang digunakan oleh Sun, Unix, dan Java. Audio dalam file .au dapat berupa PCM atau audio yang dimampatkan.
8. Mid
Format mid merupakan protokol standar industri yang mengizinkan instrumen musik elektronik, komputer, dan perangkat lain untuk berkomunikasi,mengendalikan, dan menyinkronisasikan satu dengan lainya.
9. Gsm
Format gsm dirancang untuk telefoni yang digunakan di eropa. Format ini sangat praktis untuk suara berkualitas telepon. Format gsm juga mempunya perbandingan yang baik antara ukuran file dan kualitas. Wav juga dapat dikodekan dengan codec gsm.
10. Dct
Format dct merupakan format codec yang berubah-ubah yang dirancang untuk pendiktean. Format ini mempunyai informasi header pendiktean dan dapat dienkripsi.
11. Vox
Format vox banyak digunakan untuk codec ADPCM (adaptive differential pulse code modulation). Mirip dengan format ADPCM lain. Format vox memampatkan audio sampai 4 bit. Format vox mirip dengan, wav, namun vox tidak memuat informasi tentang dirinya sendiri sehingga sample rate codec dan jumlah channel harus diberikan terlebih dahulu untuk memainkan file .vox.
12. Acc
Acc adalah kependekan dari advanced audio coding yang berbasis pada standar yang berbasis pada standar MPEG2 dan MPEG4. AAC (Advanced Audio Coding). Perjalanan AAC dalam dunia audio bisa dikatakan lebih sukses dibanding dengan Mp3. Pada beberapa bit rate, AAC mampu memperdengarkan kualitas suara yang lebih baik ketimbang Mp3. Sebagai pengembangnya, Apple menjadikan AAC sebagai format audio standar untuk iPhone, iPod, iTunes, dan menggunakannya untuk jualan musik digital di iTunes Store dengan tambahan DRM (digital rights management). Karena kehandalannya AAC kini dipercaya untuk menjadi format standar audio untuk Sony Playstation 3, PSP (Playstation Portable), Sony Walkman, Sony Ericsson seri Walkman, dan Nintendo Wii. Satu kekurangannya adalah.. Lisensi AAC tidak gratis
AAC merupaka format audio menggunakan lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena ada data yang hilang). Cara kerja AAC :
•Bagian-bagian sinyal yang tidak relevan dibuang
•Menghilangkan bagian-bagian sinyal yang redundan
•Dilakukan proses MDCT (Modified Discret Cosine Transform) berdasarkan tingkat kompleksitas sinyal
•Adanya penambahan Internal Error Connection
•Kemudian sinyal disimpan atau dipancarkan
Saat ini, AAC merupakan standar format untuk telepon selular seperti Apple’s iPhone, Sony Ericsson, N-series, dan model S40 dari Nokia, serta telepon sel berbasis Android. Juga perangkat portable seperti iPod, iTunes, Sony Playstation Portable, generasi terbaru dari Walkman Sony, semua jenis telepon Nintendo’s Wii, Nintendo DSi, mendukung format AAC. Kepopuleran format ini dikarenakan audio codec-nya yang menyempurnakan MP3, seperti pada jangkauan sample rate yang lebih banyak (8 Hz-96 kHz), memiliki 48 channerl, dan suara yang lebih bagus untuk bit yang lebih rendah (di bawah 16 Hz). Portable player untuk format file AAC adalah Archos, Creative Zen Portable, Microsoft Zune, SanDisk Sansa, Sony Playstation Portable (PSP), Sony Walkman, Nintendo DSi, dan Cowon.
13. Mp4/m4a
Audio MPEG-4 biasanya berisi AAC, tetapi terkadang berisi MP2/MP3.
14. Mmf
Format mmf merupakan format audio dari samsung yang digunakan untuk ringtone.

FORMAT FILE PROPRIETARY
Format file yang proprietary (kepemilikan) ini dilindungi oleh undang-undang yang berlaku. Format ini tertutup dan biasanya hanya dimiliki oleh suatu perusahaan tertentu.
1. Mp3
Format MPEG Layer-3 merupakan format yang sangat populer untuk pengunduhan dan penyimpanan musik.dengan mengurangi bagian-bagian dari file audio yang tidak terdengar, file .mp3 dimampatkan secara signifikan sampai 1/10 dari ukuran yang ekuivalen dengan PCM. Tetapi dengan tetap mempertahankan kualitas audio yang baik. Pada awalnya, format MP3 ini dikembangkan oleh seorang Jerman bernama Karlheinz Brandenburg, memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). Prinsip yang dipergunakan oleh MP3 adalah mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia – sehingga adapat digolongkan file audio dengan kompresi lossy. Pada tahun 1991, file MP3 distandarisasi dan tahun 1994 hingga akhir tahun 2000, popularitas dari MP3 semakin meningkat dengan semakin mudahnya akses Internet. Munculnya software untuk menjalankan file MP3 seperti Winamp di tahun 1997 yang dikembangkan oleh Nullsoft, dan player console untuk Linux, mp123, juga membuat file MP3 semakin digemari. Beberapa batasan dari file MP3 ini adalah :
•Bit rate terbatas, maksimum 320 kbit/s (beberapa encoder dapat menghasilkan bit rate yang lebih tinggi, tetapi sangat sedikit dukungan untuk mp3-mp3 tersebut yang memiliki bit rate tinggi).
•Resolusi waktu yang digunakan mp3 dapat menjadi terlalu rendah untuk sinyal-sinyal suara yang sangat transient, sehingga dapat menyebabkan noise.
•Resolusi frekuensi terbatasi oleh ukuran window yang panjang kecil, mengurangi efisiensi coding.
•Tidak ada scale factor band untuk frekuensi di atas 15,5 atau 15,8 kHz.
•Mode jointstereo dilakukan pada basis per frame.
•Delay bagi encoder/decoder tidak didefinisikan, sehingga tidak ada dorongan untuk gapless playback (pemutaran audio tanpa gap). Tetapi, beberapa encoder seperti LAME, dapat menambahkan metadata tambahan yang memberikan informasi kepada MP3 player untuk mengatasi hal ini.
2. Wma
Format wma merupakan format populer dari windows media audio yang dimiliki microsoft. Format ini dirancang dengan kemampuan digital rights management (DRM) untuk proteksi penyalinan. WMA (Windows Media Audio). Format Audio buatan Microsoft disukai oleh para pendiri musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mengunci file audio sehingga dapat mencegah terjadinya pembajakan musik digital. Kelebihan dari WMA lainnya adalah kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Format ini cukup populer dan didukung oleh software dan hardware terbaru pada umumnya.
3. Atrac (.wav)
Format atrac merupakan gaya lama dari format sony, ATRAC, format ini mempunyai ekstensi file .wav. untuk membuka file ini , driver ATRAC3 harus diinstal pada sistem.
4. Ra
Format ra merupakan format real audio yang dirancang untuk streaming audio melalui internet.
5. Ram
Format ram adalah suatu file teks yang berisi tautan ke suatu alamat internet tempat file real audio tersimpan. File .ram tidak mempunyai data audio.
6. Dss
Dss merupakan kependekan dari digital speech standard. File .dss merupakan file kepemilikan dari Olympus. File ini sudah lumayan tua dengan codec yang tidak begitu bagus.
7. Msv
Msv merupakan format kepemilikan dari sony untuk file voice yang memampatkan pada memory stick.
8. Dvf
Dvf merupakan format kepemilikan dari sony untuk file voice yang terkompresi .dvf biasa digunakanoleh perekam pendiktean dari sony.
9. Ivs
Ivs adalah senuah versi kepemilikan dengan digital right management yang dikembangkan oleh 3D Dolar UK Ltd untuk penggunaan music yang diunduh dari Tronme Music Store serta musik interaktif dan pemutar video.
10. M4p
M4p adalah sebuah versi kepemilikan dari .acc dalam MP4 dengan digital right management yang dikembangkan oleh apple untuk digunakan pada musik yang diunduh dari iTunes Music Store.
11. Iklax
Format iklax dari iklax media merupakan format multi-track digital audio yang mengizinkanberagam aksi dilakukan pada data musik. Contohnya mixing dan aransemen volume.
12. Mx4p
Mx4p merupakan format kepemilikan daari musinaut yang dapat memainkan versi berbeda dari lagu yang sama. Format ini mengizinkan beragam skenario interaktivitas antara pemusik dan penggunanya.

Sumberhttp://books.google.com/books?id=UqWLna0oaUYC&pg=PA59&lpg=PA58&dq=format+audio+yang+free+dan+openhttp://books.google.com/books?id=UqWLna0oaUYC&pg=PA59&lpg=PA58&dq=format+audio+yang+free+dan+open
http://soulofmyheart.blogspot.com/
PC Mild Edisi 26/2009

Comments

Popular posts from this blog

Solusi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali

Solusi mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali Kali ini kita akan mengatasi smartphone xiaomi redmi note 3 yang bermasalah dibagian audio, gejalanya tidak ada suara sama sekali baik untuk musikan, call, putar dan rekam video, pengaturan nada, notifikasi, dan lain-lain pokoknya suara tut tut pun tidak ada. setelah cari tahu kemana-mana ternyata kerusakanya dibagian IC AUDIO. untuk redmi note 3 bentuk dan kode pada IC AUDIO yaitu WCD9326 seperti gambar dibawah.  IC AUDIO REDMI NOTE 3 Tahapan Servis / memperbaiki redmi note 3 yang tidak ada suara sama sekali  Pertama, adalah bongkar kasing xiaomi redmi note 3  IC AUDIO Redmi note 3 ada dibalik cangkang seperti gambar diatas, untuk membuka cangkang tersebut harus dengan alat blower. Setelah cangkangnya dibuka, maka akan kelihatan IC nya Kedua, setelah kasingnya dibongkar dan tahu seperti apa bentuk IC nya, langkah selanjutnya adalah beli IC yang sesuai k

Download Ebook Gratis

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada anda yang sudah meluangkan waktunya sebagai pengunjung blog ini. Anda sangat beruntung hari ini, karena selain membaca postingan ini anda juga akan memperoleh ebook secara gratis. selain dalam bentuk ebook juga anda bisa mendapatkan dalam bentuk video dan audio yang akan merubah hidup anda. untuk mendapatkan produk gratis di bawah ini silahkan anda bila langsung download disini. Produk gratis dibawah ini: Belief Power: Langkah Awal Menuju Sukses ( terbaru ) Attention Power: Hal Kecil yang Mengubah Hidup Anda ( terbaru ) Ilusi Zona Nyaman Menuju Zona Sukses Merenungi Ayat-ayat Inspirator Presentasi Gratis: Berpikir dan Menjadi Kaya eBook Gratis: Goal Setting Guide eBook Gratis: Change Your Mind (Bhs Indonesia) eBook Gratis: Motivasi Diri (review) eBook Gratis: Positive Thingking Book Presentasi Gratis: Saya Terlahir Kaya eBook Gratis: Secrets of the Richest People eBook Gratis: Berbahagialah Modul 1 Revolusi Waktu Time

PENGERTIAN DAN DASAR LOGIKA FUZZY

PENGERTIAN LOGIKA FUZZY Fuzzy mungkin merupakan suatu kata yang agak asing bagi kita. Dalam terjemahan menurut kosa katanya fuzzy berari kabur. Logika berarti penalaran. Jika digabungkan menjadi satu kalimat berarti Penalaran Yang Kabur. Benarkah demikian? Mengapa penalaran yang kabur justru perlu untuk dipelajari? Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Skema logika fuzzy adalah sebagai berikut: Pada gambar dapat diketahui bahwa antara input dan output terdapat sebuah kotak hitam yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa contoh konsep logika fuzzy yang dapat diterapkan dalam berbagai kasus: Manajer pergudangan mengatakan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir minggu ini, kemudian manajer produksi akan menetapkan jumlah barang yang harus diproduksi esok hari Pelayan restoran memberikan pelayanan terhadap tamu, kemudian tamu akan memberikan tip yang sesuai atas baik tidaknya pe