Skip to main content

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

بسم الله الر حمن الر حيم

1. IBADAH
Surat thaha (20) ayat 14
إننى أنا الله لاإله إلاأنا فاعبدنى وأقم الصلوة لد كرى

Artinya “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.”
Surat
وما خلقت الجن والإنسى الا ليعبد ون
HIKMAH SHOLAT
Membuat hati menjadi tenang
Surat Ar Ra'd (13) ayat 28
ا لد ين امنوا وتطمئن قلو بهم بد كرالله ألا بدكرالله تطمئن القلوب
Artinya : orang-orang yang beriman, hati mereka bisa tenang lantaran ingat kepada allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat allah lah hati menjadi tenang.
Surat thaha (20) ayat 14

اقم الصلاة لدكرى
Artinya : dirikanlah sholat untuk ingat kepada Ku (allah).
Sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar
Surat Al 'Ankabuut (29) ayat 45
ان الضلاة تنهرعن الفحشاء والمنكر
Artinya : sesungguhnya sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.
2. BERDAKWAH

Surat …
ومن احسن قولا ممن دعى الى الله وعمل صا لحا وقال إننى من المسلمين
Artinya : perkataan siapa yang lebih baik melebihi perkataan orang yang mengajak kepada allah dan amal sholeh, dan berkata sesungguhnya aku adalah orang muslim.
Surat …
ومن يطع الله ورسو له فقد فا ز فو زا عطيما
Artinya : barang siapa taat kepada allah dan rosulnya maka sungguh ia benar-benar memperoleh kesuksesan dengan kesuksesan yang besar.
وان هدا صرطى مستقيما فا نبعوه ولانتبعو السبل فتقرف بكم عن سبيله د لكم وصاكم به لعلكم تتقون
Artinya : apa yang Aku (perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus maka ikitilah dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan yang lain sehingga kalian menjadi bercerai berai dari jalan yang lurus. Hal ini allah pesankan kepada kalian agar kalian bertaqwa.
فإن الله يضل من يشاء ويهدى من يشاء
Artinya : sesungguhnya allah memberi petujuk kepada siapa yang dikehendaki dan membiarkan sesat siapa yang menghendaki.
إن الله يهدى من يشاء الى صرا ط مستقيم
Artinya : sesungguhnya allah memberi patunjuk kepada siapa yang dikehendaki kejalan yang lurus.

3. ARTI HIDUP
Ujian
Surat Al Mulk (67) ayat 2
هو الدى خلق الموت والحياة ليبلو كم ايكم احسن عملا
Artinya : dialah allah yang menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kalian siapa diantara kalian yang berprestasi.
Surat Al Anbiyaa' (21) ayat 35
ونبلو كم با لشر والخير فتنة والينا ترجعون
Artinya : kami timpakan kepada kalian keburukan dan kebaikan sebagai ujian dan hanya kepada kami kamu sekalian akan dikembalikan .
Surat Al Baqarah (2) ayat 155
وليبلو نكم بشئ من الخوف والجوع ونقصى من الأ موال والأنفس والثمرات وبشرالصا برين وكد لك ابتلى الك المؤ منون وزلزلوازلزالاشد يدا
Artinya : sungguh benar-benar kami uji kalian dengan sedikit rasa takut, lapar. Kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Demikianlah orang-orang mukmin diujidan di goncangkan hatinya segoncang-goncangnya.
Permainan dan canda gurau semata
Surat Al An'aam (6) ayat 32
إنما الد نيا لعب ولهو
Artinya : hidup itu adalah sebuah permainan dan canda gurau
وما الحياة الدنيا الامتاع الغرور

Kenikmatan yang menipu
Surat ..
هدا من فضلى ربى ليبلونى أأشكرأم أكفر
Artinya : ini adalah sebagian anugrah tuhanku untuk mengujiku apakah aku bersyukur atau kufur.
الدنيا متا ع وخيرمتا عها لمر أة الصا لحة
Artinya : dunia adalah kenikmatan dan kenikmatan yang paling baik adalah wanita sholehah.
4. MENCARI JODOH
Surat ..
اد رأيتها سرنك وادا صرتها أطا عنك وادعبت حفطت نفسها وما لك
Artinya : jika kamu memandang dia nampak menyenangkan hatimu, jika kamu menyuruhnya dia mentaatimu, dan jika kamu tidak dirumah dia bisa menjaga dirinya dan hartamu.
Surat ..
تنكح المرأ ة لأربع لجما لها ولما لها والسمبها ولدينها فا ظفر بدات الدينى تر بت يدا ك
Artinya : wanita dikawin karena empat hal, karena kecantikanya, kekayaanya, karena nasabnya, dank arena agamanya. Pilihlah wanita yang beragama, tentu kalian akan bahagia.
Surat Al Baqarah (2) ayat 221 Tentang kawin dengan wanita musrik
ولاتنكحواالمشر كت حتى يؤمن ولأمة مؤ منة خير من مشركة ولوأعجبتكم ولاتنكحواالمشر كين حتى يؤمنوا ولعبد مؤمن خير من مشرك ولوأعجبكم أولئك يدعون إلى النار والله يدعوا إلى الجنة والمغفرة بإدنه ويبين ءايته للناس لعلهم يتد كرون
Artinya: Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

5. PAHALA ORANG BERIMAN DAN BERAMAL SHALEH
Surat An Nisaa’ (4) ayat 124
ومن يعمل من الصلحت من د كر أو أنثى وهو مؤمن فأولئك يد خلون الجنة ولا يظلمون نقير
Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun.”

Surat An Nahl (16) ayat 97
من عمل صلحا من دكر أو أنثى وهو مؤمن فلنحيينه حيوة طيبة ولنجر ينهم أجر هم بأحسن ما كا نوايعملون

Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[839] dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”
Keterangan:
[839] Ditekankan dalam ayat ini bahwa laki-laki dan perempuan dalam Islam mendapat pahala yang sama dan bahwa amal saleh harus disertai iman.

Surat Al Hajj (22) ayat 23
إن الله يد خل الد ين ءامنوا وعملواالصلحت جنت تجرى من تحتها الأنهريحلون فيها من أساورمن د هب ولؤ لؤا ولبا سهم فيما حرير
Artinya: “Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.”


6. MUKMIN SEJATI

Surat Al Hujuraat (49) ayat 14 – 15
قا لت الأ عراب ءامنا قل لم تؤمنواولكن قو لواأسلمنا ولما يدخل فى قلو بكم وإن تطيعواالله ورسوله لايلتكم من أعملكم شيئا إن الله غفوررحيم
إنما المؤمنون الدينءامنوابالله ورسوله ثم لم ير تابووجهدوابأموالهم وأنفسهم فى سبيل الله أو هم الصد قون
Artinya: 14. Orang-orang Arab Badui itu berkata: "Kami telah beriman." Katakanlah: "Kamu belum beriman, tapi katakanlah 'kami telah tunduk', karena iman itu belum masuk ke dalam hatimu; dan jika kamu taat kepada Allah dan Rasul-Nya, Dia tidak akan mengurangi sedikitpun pahala amalanmu; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."15. Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar.
Surat Al Anfaal (8) ayat 2 – 4 tentang sifat-sifat orang-orang mukmin
إنما المؤ منون الدين إد ا د كرالله وجلت قلو بهم وإدا تليت عليهم ءايته زاد تهم إيمنا وعلى ربهم يتو كلون. الدين يقيمون الصلوة ومما رزقنهم ينفقون. أو لئك هم المؤ منون حقا لهم د رجت عند ربهم ومغفرة ورزق كريم.
Artinya: 2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.3.(yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka.4. Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki (nikmat) yang mulia.
Keterangan:
[594]. Maksudnya: orang yang sempurna imannya.
[595]. Dimaksud dengan disebut nama Allah ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakanNya.

Surat Al Hajj (22) ayat 35
الدين إدا د كرالله وجلت قلو بهم والصبرين على ما أصا بهم والمقيمى الصلوة ومما رزقنهم ينفقون
Artinya: (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami rezkikan kepada mereka.

Surat As Sajdah (32) ayat 15 – 16
إنما يؤ من بأ يتنا الد ين إد اد كروابها خرو سجدا وسبحوا بحمد ربهم وهم لايستكبرون. تتجا فى جنو بهم عن المضا جع يدعون ربهم خو فا وطمعا ومما رزقنهم ينفقون
Artinya: 15. Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud[1192] seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong. 16. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya[1193] dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan.
Keterangan:
[1192]. Maksudnya mereka sujud kepada Allah serta khusyuk. Disunahkan mengerjakan sujud tilawah apabila membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah yang seperti ini.
[1193]. Maksudnya mereka tidak tidur di waktu biasanya orang tidur untuk mengerjakan shalat malam.

Surat Maryam (19) ayat 53
ووهبنا له من رحمتنا أخا ه هرون نبيا
Artinya: Dan Kami telah menganugerahkan kepadanya sebagian rahmat Kami, yaitu saudaranya, Harun menjadi seorang nabi.

Surat Al Israa’ (17) ayat 107 – 109
قل ءامنوابه أولاتؤ منوا إن الد ين أوتواالعلم من قبله إ دا يتلى عليهم يخرون للأ د قا ن سجدا. ويقو لون سبحن ربنا إن كا ن وعد ربنا لمفعو لا. ويخرون للأ د قا ن يبكون ويزيد هم خشو عا
Artinya: 107. Katakanlah: "Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud, 108. dan mereka berkata: "Maha Suci Tuhan kami, sesungguhnya janji Tuhan kami pasti dipenuhi." 109. Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu'.


Surat Al Mu’minuun (23) ayat 1 – 11 Tentang tujuh sifat yang menjadikan orang-orang mukmin beruntung.
قد أفلح المؤ منون. الد ين هم فى صلاتهم خشعون. والد ين هم عن اللغو معر ضون. والد ين هم للز كوة فعلون. والد ين هم لفرو جهم حفظون. إلا على أزوجهم أو ما ملكت أيمنهم فإنهم غير ملو مين. فمن ابتغى ور اء دالك فأولئك هم العا دون. والد ين هم لأمنتهم وعهد هم راعون. والد ين هم على صلوا تهم يحا فظون. أو الئك هم الوار ثون. الد ين ير ثون الفر د وس هم فيها خلدون
Artinya: 1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, 3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, 4. dan orang-orang yang menunaikan zakat, 5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, 6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa. 7. Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. 8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. 9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. 10. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, 11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. Mereka kekal didalamnya.
Keterangan:
[994]. Maksudnya: budak-budak belian yang didapat dalam peperangan dengan orang kafir, bukan budak belian yang didapat di luar peperangan. Dalam peperangan dengan orang-orang kafir itu, wanita-wanita yang ditawan biasanya dibagi-bagikan kepada kaum Muslimin yang ikut dalam peperangan itu, dan kebiasan ini bukanlah suatu yang diwajibkan. Imam boleh melarang kebiasaan ini lihat selanjutnya
[995]. Maksudnya: zina, homoseksual, dan sebagainya.

Surat Ar Ra’d (13) ayat 35
مثل الجنة التى وعد المتقون تجرى من تحتهل الأ نهر أ كلها دا ئم وظلها تلك عقبى الد ين اتقوا وعقبى الكفر ين النار
Artinya: Perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.

6. CIRI-CIRI ORANG MUNAFIK
Surat An Nisaa' (4) ayat 142 - 143
إن المنفقين يخد عون الله وهو خد عهم وإداقا موا إلى الصلوة قا موا كسا لى يراء ون الناس ولايد كرون الله إلا قليلا. مد بد بين بين دالك لا إلى هؤ لاءولاإلى هؤلاء ومن يضلل الله فلن تجد له سبيلا
Artinya: 142. Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka[364]. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya[365] (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali[366]. 143. Mereka dalam keadaan ragu-ragu antara yang demikian (iman atau kafir): tidak masuk kepada golongan ini (orang-orang beriman) dan tidak (pula) kepada golongan itu (orang-orang kafir)[367], maka kamu sekali-kali tidak akan mendapat jalan (untuk memberi petunjuk) baginya.
Keterangan:
[364]. Maksudnya: Alah membiarkan mereka dalam pengakuan beriman, sebab itu mereka dilayani sebagai melayani para mukmin. Dalam pada itu Allah telah menyediakan neraka buat mereka sebagai pembalasan tipuan mereka itu.
[365]. Riya ialah: melakukan sesuatu amal tidak untuk keridhaan Allah tetapi untuk mencari pujian atau popularitas di masyarakat.
[366]. Maksudnya: mereka sembahyang hanyalah sekali-sekali saja, yaitu bila mereka berada di hadapan orang.
[367]. Disesatkan Allah berarti: bahwa orang itu sesat berhubung keingkarannya dan tidak mau memahami petunjuk-petunjuk Allah. Dalam ayat ini, karena mereka itu ingkar dan tidak mau memahami apa sebabnya Allah menjadikan nyamuk sebagai perumpamaan, maka mereka itu menjadi sesat

Surat At Taubah (9) ayat 67 – 68 Tenteng hasutan orang-orang munafik dan ancaman allah kepada mereka
المنفقون والمنفقت بعضهم من بعض يأ مرون با لمنكر وينهون عن المعروف ويقبضون أيد يهم نسوالله فنسيهم إن المنفقين هم الفسقون. وعد الله المنفقين والمنفقت والكفار نار جهنم خلد ين فيها هى حسبهم ولعنهم الله ولهم عداب مقيم
Artinya: 67. Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma'ruf dan mereka menggenggamkan tangannya[648]. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik. 68. Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela'nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.

Keterangan: [648]. Maksudnya: berlaku kikir
Surat Al Furqon (25) ayat 42 – 43
إن كا د ليضلنا عن ءالهتنا لو لا أن صبرنا وسو ف يعلمون حين يرون العداب من أضل سبيلا. أرءيت من اتخد إلهه هو ىه أفأ نت تكون عليه وكيلا
Artinya: 42. Sesungguhnya hampirlah ia menyesatkan kita dari sembahan- sembahan kita, seandainya kita tidak sabar(menyembah)nya" dan mereka kelak akan mengetahui di saat mereka melihat azab, siapa yang paling sesat jalannya. 43. Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,

Comments

Popular posts from this blog

Solusi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali

Solusi mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali Kali ini kita akan mengatasi smartphone xiaomi redmi note 3 yang bermasalah dibagian audio, gejalanya tidak ada suara sama sekali baik untuk musikan, call, putar dan rekam video, pengaturan nada, notifikasi, dan lain-lain pokoknya suara tut tut pun tidak ada. setelah cari tahu kemana-mana ternyata kerusakanya dibagian IC AUDIO. untuk redmi note 3 bentuk dan kode pada IC AUDIO yaitu WCD9326 seperti gambar dibawah.  IC AUDIO REDMI NOTE 3 Tahapan Servis / memperbaiki redmi note 3 yang tidak ada suara sama sekali  Pertama, adalah bongkar kasing xiaomi redmi note 3  IC AUDIO Redmi note 3 ada dibalik cangkang seperti gambar diatas, untuk membuka cangkang tersebut harus dengan alat blower. Setelah cangkangnya dibuka, maka akan kelihatan IC nya Kedua, setelah kasingnya dibongkar dan tahu seperti apa bentuk IC nya, langkah selanjutnya adalah beli IC yang sesuai k

Download Ebook Gratis

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada anda yang sudah meluangkan waktunya sebagai pengunjung blog ini. Anda sangat beruntung hari ini, karena selain membaca postingan ini anda juga akan memperoleh ebook secara gratis. selain dalam bentuk ebook juga anda bisa mendapatkan dalam bentuk video dan audio yang akan merubah hidup anda. untuk mendapatkan produk gratis di bawah ini silahkan anda bila langsung download disini. Produk gratis dibawah ini: Belief Power: Langkah Awal Menuju Sukses ( terbaru ) Attention Power: Hal Kecil yang Mengubah Hidup Anda ( terbaru ) Ilusi Zona Nyaman Menuju Zona Sukses Merenungi Ayat-ayat Inspirator Presentasi Gratis: Berpikir dan Menjadi Kaya eBook Gratis: Goal Setting Guide eBook Gratis: Change Your Mind (Bhs Indonesia) eBook Gratis: Motivasi Diri (review) eBook Gratis: Positive Thingking Book Presentasi Gratis: Saya Terlahir Kaya eBook Gratis: Secrets of the Richest People eBook Gratis: Berbahagialah Modul 1 Revolusi Waktu Time

PENGERTIAN DAN DASAR LOGIKA FUZZY

PENGERTIAN LOGIKA FUZZY Fuzzy mungkin merupakan suatu kata yang agak asing bagi kita. Dalam terjemahan menurut kosa katanya fuzzy berari kabur. Logika berarti penalaran. Jika digabungkan menjadi satu kalimat berarti Penalaran Yang Kabur. Benarkah demikian? Mengapa penalaran yang kabur justru perlu untuk dipelajari? Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Skema logika fuzzy adalah sebagai berikut: Pada gambar dapat diketahui bahwa antara input dan output terdapat sebuah kotak hitam yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa contoh konsep logika fuzzy yang dapat diterapkan dalam berbagai kasus: Manajer pergudangan mengatakan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir minggu ini, kemudian manajer produksi akan menetapkan jumlah barang yang harus diproduksi esok hari Pelayan restoran memberikan pelayanan terhadap tamu, kemudian tamu akan memberikan tip yang sesuai atas baik tidaknya pe