• melakukan Komunikasi yang tidak sepantasnya, (misalnya he he, mau bantu masalah user tapi muka cemberut ? ) kalau misalnya kita disuruh memasang cartridge printer, tentu kita akan memasang cartridge itu, namun jika kita memasang cartridge itu dengan muka yang cemberut, dan resah, dan berfikir apakah kita menghabiskan kuliah 4 tahun untuk memasang cartridge ? itu semua salah…
kenapa tidak jadikan saja kesempatan untuk mengedukasi user ?
• Pamer, dengan menggunakan bahasa yang tidak benar akan terkesan pamer di mata user, seperti bersihkan cache windows dan hapus objek network, ini mungkin banyak user yang tidak memahami arti ini, sehingga dimaata kita itu adalah benar, dan user akan terlihat bodoh dan menilai kita pamer seolah olah kita adalah superior dalam hal itu.
lebih baik berikan instruksi klik by klik
• Hilang kesabaran, (aku masih payah di areal sini nih), terkadang ada beberapa user yang buta terhadap komputer dan pengoprasianya, dan membuat kita kehabisan kesabaran. karna beberapa masalah kecil dari user yang tidak dapat menggunakan komputernya.
• Kasar, walaupun itu adalah masalah spele, sebaiknya berikan kenyamanan untuk user dengan baik, sehingga memungkinkan user akan membuka komunikasinya dengan lebih terbuka kepada kita, mengenai komputer dan masalah yang dialaminya
• Tidak memberi informasi, segala hal hal yang baru dan berubah dalam lingkungan komputer sebaiknya di beritakan informasinya, walaupun user tidak mengerti
• Kurang dokumentasi,tidak memberikan instruksi yang konsisten adalah langkah buruk bagi seorang it support, sebaiknya kita membuatkan sebuah prosedur dalam hal tertentu langkah demi langkah, sehingga user dan kita tidak repot dengan proses dan komunikasinya
• Berbohong, nih parah nih mah
• Kebanyakan Memberi informasi, Nah ini jg ngga perlu, ga harus ngalor ngidul juga kan ?
• Tidak memberi pelatihan, nah ini jeleknya, kalau mau bantu, ingat, sambil beri pelatihan, bisa dengan cara user di instruksikan, atau user melihat apa yang kita kerjakan, itu lebih baik
• Gagal mendengar, ini dah kaco kalau gini
Keluhan user
hal hal yang paling sering di keluhkan user adalah beberapa hal berikut ini :
• aplikasi hardware ga jalan, yup terkadang ini cukup menyebalkan kalau kita gagal memasang hardware baru untuk user.
• jaringan lambat ( lumayan sering ), ini tips yang sering aku lakukan di kantorku:
• Cek Antivirus Update
• Msconfig dan matikan program yang tidak perlu
• Scan Running Program dan matikan
• Restart ke save mode
• Scan Spyware
• sering harus merubah password
• layar monitor terkunci
• bukan sebagai administrator komputer sendiri, kadang kalau user tau, dia jadi ngga bisa install aplikasi keinginan dia, dan itu menghambat dia
• spam filtering, terkadang ada user yang ngga mau di filter filter, dan dia gemar sekali buka situs porno
• akses web dibatasi, hmmm, gimana dengan ini ?
• tidak boleh menggunakan pc untuk urusan pribadi
• IT tidak responsif, bisa jadi karna terlalu banyak antrian, atau kita yang malas
• IT arogan ( hehe )
Beberapa contoh keadaan yang tidak mengenak kan oleh seorang IT technicall support
• Disuruh memperbaiki dokumen word yang berantakan
• Disuruh membuat dokumen yang ngga lazim
• hey ? kemana toolbar ku ?
• memarahi IT TS, karna spyware kyg minta dikukakan akses portnya.
• tidak mau menceritakan kenapa komputernya begini hanya mengatakan “ah ngga tau tiba tiba begini”
• menelfon dan membentak bentak ketika komputernya kena virus
• menelfon dengan nada keras ketika icon program di desktop nya ilang
• dll….
Sebagian Material diambil dari majalah PC Media
Ditulis dalam Motivasi, Umum
kenapa tidak jadikan saja kesempatan untuk mengedukasi user ?
• Pamer, dengan menggunakan bahasa yang tidak benar akan terkesan pamer di mata user, seperti bersihkan cache windows dan hapus objek network, ini mungkin banyak user yang tidak memahami arti ini, sehingga dimaata kita itu adalah benar, dan user akan terlihat bodoh dan menilai kita pamer seolah olah kita adalah superior dalam hal itu.
lebih baik berikan instruksi klik by klik
• Hilang kesabaran, (aku masih payah di areal sini nih), terkadang ada beberapa user yang buta terhadap komputer dan pengoprasianya, dan membuat kita kehabisan kesabaran. karna beberapa masalah kecil dari user yang tidak dapat menggunakan komputernya.
• Kasar, walaupun itu adalah masalah spele, sebaiknya berikan kenyamanan untuk user dengan baik, sehingga memungkinkan user akan membuka komunikasinya dengan lebih terbuka kepada kita, mengenai komputer dan masalah yang dialaminya
• Tidak memberi informasi, segala hal hal yang baru dan berubah dalam lingkungan komputer sebaiknya di beritakan informasinya, walaupun user tidak mengerti
• Kurang dokumentasi,tidak memberikan instruksi yang konsisten adalah langkah buruk bagi seorang it support, sebaiknya kita membuatkan sebuah prosedur dalam hal tertentu langkah demi langkah, sehingga user dan kita tidak repot dengan proses dan komunikasinya
• Berbohong, nih parah nih mah
• Kebanyakan Memberi informasi, Nah ini jg ngga perlu, ga harus ngalor ngidul juga kan ?
• Tidak memberi pelatihan, nah ini jeleknya, kalau mau bantu, ingat, sambil beri pelatihan, bisa dengan cara user di instruksikan, atau user melihat apa yang kita kerjakan, itu lebih baik
• Gagal mendengar, ini dah kaco kalau gini
Keluhan user
hal hal yang paling sering di keluhkan user adalah beberapa hal berikut ini :
• aplikasi hardware ga jalan, yup terkadang ini cukup menyebalkan kalau kita gagal memasang hardware baru untuk user.
• jaringan lambat ( lumayan sering ), ini tips yang sering aku lakukan di kantorku:
• Cek Antivirus Update
• Msconfig dan matikan program yang tidak perlu
• Scan Running Program dan matikan
• Restart ke save mode
• Scan Spyware
• sering harus merubah password
• layar monitor terkunci
• bukan sebagai administrator komputer sendiri, kadang kalau user tau, dia jadi ngga bisa install aplikasi keinginan dia, dan itu menghambat dia
• spam filtering, terkadang ada user yang ngga mau di filter filter, dan dia gemar sekali buka situs porno
• akses web dibatasi, hmmm, gimana dengan ini ?
• tidak boleh menggunakan pc untuk urusan pribadi
• IT tidak responsif, bisa jadi karna terlalu banyak antrian, atau kita yang malas
• IT arogan ( hehe )
Beberapa contoh keadaan yang tidak mengenak kan oleh seorang IT technicall support
• Disuruh memperbaiki dokumen word yang berantakan
• Disuruh membuat dokumen yang ngga lazim
• hey ? kemana toolbar ku ?
• memarahi IT TS, karna spyware kyg minta dikukakan akses portnya.
• tidak mau menceritakan kenapa komputernya begini hanya mengatakan “ah ngga tau tiba tiba begini”
• menelfon dan membentak bentak ketika komputernya kena virus
• menelfon dengan nada keras ketika icon program di desktop nya ilang
• dll….
Sebagian Material diambil dari majalah PC Media
Ditulis dalam Motivasi, Umum
Comments
Post a Comment