Skip to main content

Membuat Lapangan Sepak Bola di HP Menggunakan Canvas


 
J2ME
Perkembangan pemrograman aplikasi selama ini terfokus pada pengembangan aplikasi stand alone, kemudian berkembang lagi menjadi aplikasi client server serta aplikasi berbasis web. Dengan berkembangnya teknologi wireless seperti PDA dan handphone pada beberapa tahun terakhir ini, maka mulailah babak baru berupa aplikasi wireless.

Dengan semboyan “write once run everywhere”, teknologi Java dengan portabilitas yang tinggi, memungkinkan untuk jalan di segala sistem operasi selama disitu ada JVM (Java Virtual Machine) termasuk perangkat wireless dengan ukuran memori yang relatif kecil.

J2ME terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut :
Description: Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\OFFICE12\Bullets\BD21327_.gif    Java Virtual Machine (JVM)
Komponen ini untuk menjalankan program program Java pada emulator atau handled devices.
Description: Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\OFFICE12\Bullets\BD21327_.gif    Java API (Application Programming Interface)
Komponen ini merupakan kumpulan librari untuk menjalankan dan mengembangkan program Java pada handled devices.
Description: Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\OFFICE12\Bullets\BD21327_.gif    Tools lain untuk pengembangan aplikasi Java semacam emulator Java Phone, emulator Motorolla.

a.      J2ME vs WAP

Perbedaan utama antara J2ME dengan WAP adalah pada J2ME aplikasi terdapat di client dan bisa juga di server (client server) tidak seperti WAP yang seluruh aplikasi terdapat di server (di client dalam WAP hanya terdapat WAP browser), sehingga dalam J2ME bisa dibuat aplikasi standalone tanpa tergantung koneksi ke operator seluler seperti pada WAP yang memerlukan koneksi ke operator seluler. Dalam J2ME juga terdapat database lokal yakni RMS (Record Management System) yang berguna untuk menyimpan data.

b.      API pada J2ME
Ada dua kategori J2ME Configuration saat ini, yaitu :
Description: Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\OFFICE12\Bullets\BD21327_.gif    CLDC (Connected Limited Device Configuration)
Kategori ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada handphone semacam Nokia, Samsung Java Phone, Motorola i85s, PDA (Personal Digital Assistant) semacam PALM, Pocket PC. Umumnya perangkat-perangkat tersebut hanya memiliki memori berukuran 160-512 KiloBytes.
Description: Description: C:\Program Files\Microsoft Office\MEDIA\OFFICE12\Bullets\BD21327_.gif    CDC (Connected Device Configuration)
Kategori ini umumnya digunakan untuk aplikasi Java pada perangkat-perangkat handled devices dengan ukuran memori paling tidak 2 Megabytes. Contohnya adalah internet TV, Nokia Communicator dan car television atau TV pada mobil.

Subset API pada CLDC dijelaskan pada gambar di bawah ini


Perbedaan antara CDC dan CLDC adalah sebagai berikut :
CLDC
CDC
Mengimplementasikan subset dari J2SE
Mengimplementasikan seluruh fitur pada
J2SE
JVM yang digunakan dikenal dengan nama
KVM
JVM yang digunakan dikenal dengan nama
CVM
Digunakan pada perangkat handled dengan
ukuran memori terbatas (160-512
KiloBytes)
Digunakan pada perangkat handled dengan
ukuran memori minimal 2 Mbytes

Processor 16 bit atau 32 bit
Processor : 32 bit

Canvas
Class Canvas merupakan class yang menyediakan fungsi-fungsi untuk manajemen antarmuka pada level rendah handled. Class ini merupakan class abstract sehingga kita harus membuat class turunannya dulu untuk melakukan manajemen antarmuka pada level rendah.

Class Canvas merupakan class abstract sekaligus turunan dari class Displayable.
Penggunaan class Canvas umumnya bersamaan dengan class Graphics. Class Graphics yang menyediakan objek-objek Grafik dan fungsi-fungsi untuk memanipulasi grafik level rendah.

Sintak
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.lcdui.Graphics;

public class TugasCanvas extends MIDlet {
            private Display display ;
            private MyCanvas canvas ;
            public TugasCanvas(){
                        canvas = new MyCanvas();
            }
            public void startApp() {
                        display = Display.getDisplay(this) ;
                        display.setCurrent(canvas);
            }
            public void pauseApp() { }
            public void destroyApp(boolean unconditional) {
            }
}
class MyCanvas extends Canvas{
            public void paint(Graphics g){
                        g.setColor(0,255,0);
                        g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
                        g.setColor(255,255,255);
                        g.drawRect(80,0,80,30);
                        g.drawRect(50,0,140,50);
                        g.fillArc(117,35,5,5,0,360);
                        g.drawLine(0,getHeight()/2,getWidth()-1,getHeight()/2);
                        g.fillArc(117,248,5,5,0,360);
                        g.fillArc(112,139,15,15,0,360);
                        g.drawRect(50,240,140,50);
                        g.drawRect(80,260,80,30);
                        g.drawArc(60,90,120,110,0,360);
                        g.drawArc(65 ,30,110,40,-180,180);
                        g.drawArc(65 ,220,110,40,0,180);
                                    }
}
 Hasil Akhir
catatan: dibuat menggunakan Sun Java Wireless Toolkit Version 2.5.2_01 for CLDC

Comments

Popular posts from this blog

Solusi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali

Solusi mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 no sound/no audio tidak ada suara sama sekali Kali ini kita akan mengatasi smartphone xiaomi redmi note 3 yang bermasalah dibagian audio, gejalanya tidak ada suara sama sekali baik untuk musikan, call, putar dan rekam video, pengaturan nada, notifikasi, dan lain-lain pokoknya suara tut tut pun tidak ada. setelah cari tahu kemana-mana ternyata kerusakanya dibagian IC AUDIO. untuk redmi note 3 bentuk dan kode pada IC AUDIO yaitu WCD9326 seperti gambar dibawah.  IC AUDIO REDMI NOTE 3 Tahapan Servis / memperbaiki redmi note 3 yang tidak ada suara sama sekali  Pertama, adalah bongkar kasing xiaomi redmi note 3  IC AUDIO Redmi note 3 ada dibalik cangkang seperti gambar diatas, untuk membuka cangkang tersebut harus dengan alat blower. Setelah cangkangnya dibuka, maka akan kelihatan IC nya Kedua, setelah kasingnya dibongkar dan tahu seperti apa bentuk IC nya, langkah selanjutnya adalah beli IC...

PENGERTIAN DAN DASAR LOGIKA FUZZY

PENGERTIAN LOGIKA FUZZY Fuzzy mungkin merupakan suatu kata yang agak asing bagi kita. Dalam terjemahan menurut kosa katanya fuzzy berari kabur. Logika berarti penalaran. Jika digabungkan menjadi satu kalimat berarti Penalaran Yang Kabur. Benarkah demikian? Mengapa penalaran yang kabur justru perlu untuk dipelajari? Logika fuzzy adalah suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Skema logika fuzzy adalah sebagai berikut: Pada gambar dapat diketahui bahwa antara input dan output terdapat sebuah kotak hitam yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa contoh konsep logika fuzzy yang dapat diterapkan dalam berbagai kasus: Manajer pergudangan mengatakan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir minggu ini, kemudian manajer produksi akan menetapkan jumlah barang yang harus diproduksi esok hari Pelayan restoran memberikan pelayanan terhadap tamu, kemudian tamu akan memberikan tip yang sesuai atas baik tidaknya pe...

K-Link Viral Marketing Rahasia Cepat Kaya Dari Bisnis K-Link

Apakah anda sudah menjadi Distributor PT. K-Link Nusantara? Jika belum, secepatnya anda bergabung karena K-Link mulai awal tahun 2016 atau sekitar bulan januari 2016 k-link resmi meluncurkan K-LINK VIRAL MARKETING (KVM) Apa itu K-Link Viral Marketing atau KVM ? KVM bisa dikatakan sebagai internet marketingnya bisnis K-Link. KVM bermanfaat bagi para distributor K-Link untuk membangun jaringan mulai dari mendapatkan calon prospek sampai dengan menyediakan tutorial secara online, dewasa ini para Netizen ditahun 2012 memiliki pengguna sebanyak 78jt pada tahun 2018 diprediksi akan mengalami kenaikan 50% sebanyak 135jt  didukung juga dengan maraknya penggunaan ponsel cerdas. Internet sudah terbukti mempercepat kesuksean dan melahirkan para bilioner hanya dalam waktu singkat, berikut contohnya: FAKTA SEJARAH MEMBUKTIKAN: Henry Ford yaitu pencipta mobil FORD membutuhkan waktu 23 tahun untuk mencapai kesuksesanya Walmart  yaitu pemilik  super  market  terbe...